Tata Cara Memakaikan Bedak pada Bayi

Siapa tak suka mencium bayi? Wanginya itu lo, khas banget! Apalagi ditambah dengan bedak, hmmm… rasanya tak ingin berhenti menciuminya. Ya, bedak sepertinya tak bisa dilepaskan dari bayi. Selain membuat si kecil tambah wangi, pemakaian bedak juga membuat bayi segar. Kulit pun lebih halus sehingga bisa menghindarkan kulit dari iritasi, utamanya di bagian-bagian lipatan, seperti lipatan tangan dan paha.

Tak hanya itu, ada pula bedak yang untuk pengobatan, semisal mengurangi rasa gatal. Mungkin karena itulah, di Indonesia, penggunaan bedak pada bayi telah membudaya. Meski demikian, Mama tetap perlu bijak dalam penggunaan bedak pada bayi. Pasalnya, cara pemakaian yang tidak tepat bisa membuat partikel bedak masuk ke dalam saluran pernapasan dan ke dalam vagina.

Dari sekian banyak literatur/artikel mengenai bahaya penggunaan bedak, ternyata muaranya satu, yaitu cara penggunaan yang tidak tepat. Jadi, bila caranya tepat, sejatinya penggunaan bedak justru memberi manfaat. Nah, berikut ini 8 hal yang penting Mama perhatikan terkait dengan pemakaian bedak pada bayi.

1. Pilih bedak khusus bayi. Bedak khusus bayi sudah dibuat sedemikian rupa supaya sesuai dengan kulit bayi. Selain itu, pilih bedak yang berbahan dasar cornstarch, karena diyakini lebih aman.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan. Sekarang ini bentuk bedak tidak hanya talk, tetapi juga ada yang cair. Bedak sekarang juga sudah sangat spesifk sesuai kebutunan; ada bedak untuk alergi, bedak untuk biang keringat, bedak untuk ruam, bedak yang mempunyai sifat menghaluskan, bedak sun block, hingga bedak pewangi. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan.

3. Hindari penggunaan bedak yang terlalu banyak. Penggunaan bedak yang berlebihan dapat membuat pori-pori kulit bayi tertutup, sehingga tak bisa bernapas dengan baik. Kondisi ini bisa menyebabkan biang keringat. Jadi, berikan bedak tipis-tipis saja ya, Mam.

4. Tidak ditaburkan langsung di kulit bayi. Cara pemberian bedak yang baik, yaitu dengan menaburkannya ke tangan kita sebelum diusapkandi kulit bayi. Bedak talk terbuat dari berbagai kombinasi bahan, seperti: zinc stearate, magnesium silicates, dan sebagainya. Meski tergolong aman bagi kulit, bahan-bahan tersebut berukuran sangat kecil sehingga jika bertebaran di udara mudah terisap dan masuk ke paru-paru bayi.

Simak juga situs merawat anak yang benar agar tidak terjadi kesalahan yang seharusnya bisa dicegah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *