Tata Cara Memakaikan Bedak pada Bayi Bagian 2

5. Usapkan perlahan ke kulit bayi. Tuang sedikit bedak talk di telapak tangan yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Dengan tangan satunya, ambil sedikit bedak tersebut, lalu usapkan secara lembut ke kulit si kecil. Sentuhan tangan Mama pada kulit si kecil juga bermanfaat untuk memperkuat bonding Mama dengan si kecil.

6. Perhatikan tubuh bagian mana yang akan diberi bedak. Sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, tidak semua bagian tubuh bayi perlu dibedaki. Cukup di lokasi tertentu saja, seperti: leher, dada, perut, dan punggung, juga tangan dan kaki. Penggunaan bedak di daerah selangkangan, khususnya pada bayi perempuan, harus dihindari karena dikhawatirkan partikel bedak akan masuk ke dalam vagina. Menurut American Academy of Pediatrics, hal itu dapat menyebabkan kanker ovarium. Untuk area selangkangan lebih baik gunakan krim atau petroleum jelly guna mencegah ruam popok.

7. Gunakan setelah kulit kering. Jangan gunakan bedak saat kulit bayi dalam kondisi basah (berkeringat, misal). Keringkan dahulu tubuhnya dengan handuk hingga benarbenar kering, barulah boleh diberikan bedak. Pada kondisi tubuh basah, bedak akan menggumpal dan mengeras. Akibatnya, kulit bayi bisa teriritasi (ditandai dengan kulit memerah, lecet, dan terasa perih sehingga bayi menjadi rewel). Hal yang sama juga terjadi jika memberikan bedak terlalu banyak. Ingat, kita hidup di iklim tropis, sehingga mudah sekali tubuh mengeluarkan keringat. Keringat itulah yang akan membuat bedak yang sudah ada di kulit jadi menggumpal dan mengeras. Efeknya sama, kulit bayi teriritasi.

8. Jauhkan bedak dari jangkauan bayi. Terkadang kita menenangkan bayi dengan memberikan botol bedak sebagai mainan. Bukan tak mungkin si kecil bisa membuka tutup botol bedak secara tak sengaja sehingga bedaknya berhamburan dan terhirup oleh bayi. Selain itu, bayi sedang dalam tahap oral alias suka memasukkan apa pun yang dipegangnya ke dalam mulut. Bagaimana jika serbuk bedak sampai tertelam oleh bayi? Oleh karena itu, jauhkan bedak dari jangkauan bayi ya Mam!

Agar keluarga tetap sehat terutama jika ada bayi tentunya harus ekstra berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu. Karena bayi sangat rentan terhadap benda asing yang ada disekitarnya. Untuk menambah wawasan anda simak juga berita gaya hidup sehat di internet yang bisa diakses kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *