RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo: Layanan Unggulan dan Pelayanan Penunjangnya

RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo tidak terlepas dari sejarah Fakultas Kedokteran di Universitas Indonesia yang saling mengisi dan tergantung. Tahun 1896, Dr. H. Roll menunjuk pendidikan kedokteran Batavia di laboratorium serta sekolah Dokter Jawa pada satu pimpinan. Tahun 1910, Sekolah Dokter Jawa diubah dengan nama STOVIA yang menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Tahun 1919 maka didirikan CBZ yang bersatu dengan STOVIA dalam memberikan penyelenggaraan pelayanan kedokteran dan pendidikan dan memberikan pelayanan yang spesialistik untuk masyarakat luas.
 


Pada tahun 1965, menteri kesehatan menjadi RSUP sebagai Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo dan berkembang menjadi RSCM. Tahun 1994 sesuai pada SK Menkes maka mengubah namanya menjadi RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo. Lalu ditetapkan menjadi perusahaan jawatan pada tahun 1994, dalam perkembangannya menjadi Badan Layanan Umum di tahun 2005. Status akreditasi penuh tingkat lengkap diberikan pada tahun 2009 dan sebagai rumah sakit pendidikan utama untuk fakultas kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2010.
 
Berikut adalah RSCM Kencana sebagai layanan unggulan RUSPN:
 
Memberikan layanan kesehatan berbasis internasional dengan pengalaman yang luar biasa untuk pelanggan.
Menyelenggarakan pelayanan kesehatan melebihi dari harapan pelanggan oleh tim medis yang profesional.
Menyediakan lahan untuk mendukung kegiatan pendidikan Sp2 dan melakukan penelitian yang saling terintegrasi.
Mengimplimentasikan sistem manajemen dan organisasi dalam mewujudkan tempat kerja terbaik.
 
Terdapat Departemen Mata yang memberikan peningkatan kualitas hidup dengan layanan kesehatan basis academic health system. Menangani glaukoma dengan pemeriksaan unggulan octopus, tonopen, i-care, goldmand perimeter, OCT, FDT, tomometri perkins, tonometer aplnasi dan humphrey field analyzer. Menawarkan bedah glaukoma dengan trabekulektomi, MMC, pemasangan implan glaukoma dan laser iridektomi. Terdapat lasik center untuk mengatasi kelainan refrasi yang populer selama 10 menit tanpa memberikan rasa sakit. poliklinik citra yang memiliki 4 poliklinik dan 1 layanan untuk lasik dengan layanan unggulan terhadap retina, katarak, refraski dan glaukoma.
 
Berikut adalah layanan penunjang:
 
Departemen radiologi dengan pelayanan sub spesialis, traktus digestivus, muskuloskeletal, radiologi toraks, trakstus urinarius dan genitalia, pencitraan payudara, radiologi kardiovaskular dan intervensional, bidang pencitraan kepala leher, dan nuklir,
Departemen Rehabilitasi Medik untuk mempertahankan maupun meningkatkan kualitas hidup dari pasien sehingga mampu memelihara fungsional secara maksimal, dengan pelayanan biofeedback, injeksi botolinum toxin A, injeksi intraartikulat, fisioterapi, petugas sosial medis, pelayanan hidroterapi, pelayanan rawat inap, pelayanan klinik jatuh, terapi wicara, psikolog, okupasi terapi dan dry needle.
Departemen patologi anatomik yang terbaik dalam 6 patalogi yaitu sistem pernapasan, urogenital, kardiovaskuler, ginekologi dan obestetrik, sistem endokrin, payudara, hematolimfoid, jaringan lunak, sistem saraf pusat, sitopatologi dan sistem pankreas, kelenjar liur, sistem pencernaan, hati dan kandung empedu.
Apotik untuk rawat jalan Satelit IGD dan Satelit Irna A dengan melayani resep khusus RSCM, pelayanan rawat inap Satelit IKA, Satelit PJT, Satelit ICU, Satelit IBP dan Satelit Gedung A yang melayanai perbekalan farmasi, pelayana gudang untuk melayani permintaan BMHP seluruh kerja dari RSCM.
 
RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo memiliki unit pelayanan jantung terpadu dengan Creating Infinite Experience in Cardiovaskular Center of Excellence. Dapat berkonsultasi masalah ahli gizi, spesialis jantung anak, jantung dewasa, bedah ajntung, rehab medik jantung, anestesi jantung dan medical heart check up dan klinik gagal jantung. Layanan unggulan untuk jantung menyediakan tindakan intervensi kardiologi, EP dan ablasi, CRT, EVAR atau TEAR dan klinik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *