Pentingnya Menjaga Sholat Wajib dan Tahajud

Sebagai seorang muslim pasti sudah tidak asing dengan yang namanya sholat, dan alhamdulilah kita hidup di negara indonesia yang mayoritasnya adalah orang yang beragama islam, sehingga dengan mudah kita jumpai masjid ataupun mushala di setiap penjuru kota, desa dan kampung.

Tapi apakah dengan banyaknya masjid dan mushola di setiap daerah indonesia berkolerasi dengan jamaah yang melakukan sholat di masjid?, Jawabannya jauh panggang dari api. Umat islam di tanah air hanya sholat di masjid untuk jumatan dan shalat idul fitri dan idhul adha saja.

Pentingnya Shalat Lima Waktu Berjamaah di Masjid

Pentingnya Menjaga Sholat Wajib dan Tahajud

Ini patut di sayangkan, karena ibadah sholat 5 waktu berjamaah di masjid pahalanya sangat besar dan bahkan ada ulama yang mewajibkan sholat 5 waktu secara berjamaah di masjid, yang berarti kita akan berdosa jika tidak mendatangi masjid saat adzan di kumandangkan.

Bahkan da di dalam hadist yang maknanya atau mahfumnya: “Nabi ingin mengumpulkan kayu bakar lalu menyuruh orang untuk mengumandangkan adzan, dan Nabi akan membakar rumah rumah orang yang tidak datang menyambut seruan adzan tersebut”.

Betapa kerasnya ancaman tersebut, kita ketahui bersama Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam adalah orang yang paling baik perangai dan ahlaknya, tapi begitu sadis dan amarahnya Nabi Muhammad akan membakar rumah orang yang tidak pergi ke masjid saat di kumandangkan adzan.

Ini seharusnya sudah cukup bagi seorang muslim yang berfikir untuk selalu mendatangi masjid untuks holat berjamaah, tapi karena kita adalah orang yang jahil dan lebih memntingkan nafsu kita, maka anjuran inipun di abaikan.

Perbaiki Shaolat Wajib Maka ALLAH Azza Wajallaa Akan Memudahkan Urusanmu

Banyak yang berfikir dengan mendatangi masjid untuk sholat berjamaah maka akan mengurangi waktu kita dan pada akhirnya akan menelantarkan usrusan kita, sekali kali tidak, bahkan dengan sholat segala urusan akan di mudahkan oleh ALLAH.

Karena pada hakekatnya setiap urusan adalah ALLAH Azza Wajallaa yang menyelesaikannya, betapa banyak cerita orang yang menjaga sholat 5 waktu segala uruannya terasa mudah dan ada saja jalan yang tidak terduga. Ini semua karena ALLAH Azza Wajallaa memberikan kemudahan kepadanya.

Sholat Tahajud Tanda Orang Beriman

Setelah kita bisa menjaga sholat yang wajib 5 waktu maka kita tidakboleh berhenti sampai disini, karena kita di perintahkan oleh ALLAH Azza Wajallaa untuk berlomba dalam hal kebaikan, Selanjutnya yang patut kita jaga juga adalah sholat tahajud.

Sholat tahajud ini adalah sholat sunah yang pahalanya sangat besar dan berada di bawah sholat wajib, dan juga ini adalah amalan para nabi dan rosullallah, kita di perintahkan untukmenahan kantuk dimalam hari untuk sholat daan bermunajat kepadanya.

Sholat tahajud ini berat kecuali untukorang yang beriman saja, karena disaat orang asik tertidur kita bangun dan beribadah kepada ALlAH, dan inilah ciri cirimuslim yang sholeh dan mengutamakan akhirat daripada dunia.

Berlatih Dari Sekarang

Tidak ada kata terlambat untuk seorang muslim dalam hal memperbaiki diri, selama hayat masih di kandung badan maka kita di anjurkan untuk berlatih secara istiqomah melakukan kewajiban sholat 5 waktu secara berjamaah dimasjid dan melakukan sholat sunah tahajud setiap malam.

Sedikit demi sedikit asal istiqomah maka lambat laun kita akan dengan mudah melakukan amalan besar ini, dan semoga kita digolongkan oleh ALLAH Azza Wajallaa sebagai orang yang beriman dan mukmin sejati, sehingga kelak akan di masukan kedalam surganya.

Artikel ini di sadur dari website islami https://penaungu.com semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *