Pengertian Perusahaan Water Treatment Dan Keunggulan – Keunggulannya


Air menjadi kebutuhan wajib semua manusia di seluruh dunia. Baik itu untuk kebutuhan konsumsi, memasak, mencuci baju, mencuci piring, dan juga untuk kebutuhan – kebutuhan lainnya. Saat ini kita dapat dengan mudah mendapatkan air bersih yang siap konsumsi melalui depot – depot air minum isi ulang yang telah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Anda bahkan dapat dengan mudah menemukannya pada gang – gang kecil sekalipun. Depot air minum sendiri merupakan salah satu bagian dari perusahaan water treatment. Dimana perusahaan water treatment telah terpercaya menghasilkan air bersih dengan menggunakan mesin – mesin canggih yang telah tersertifikasi. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perusahaan water treatment dan keunggulan – keunggulannya. Simaklah penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Perusahaan Water Treatment ?

perusahaan water treatment

Perusahaan Water Treatment merupakan perusahaan pengolah air baku menjadi air bersih, dimana terdapat beberapa tahap atau proses yang perlu dilalui untuk dapat menghasilkan air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Pengolahan air ini juga dapat dilakukan tergantung dari kualitas sumber air tersebut. Dalam proses pengolahan air tersebut terdapat beberapa teknik yang digunakan oleh para teknisi atau kontraktor yang bekerja. Namun, secara umum terdapat 3 teknik yang digunakan, diantaranya :

1. Pengolahan Fisik

Teknik pertama yang digunakan untuk mengolah air baku tersebut menjadi air bersih adalah dengan menggunakan pengolahan fisik. Teknik ini dilakukan dengan tujuan meminimalisir atau menghilangkan kotoran – kotoran yang sifatnya kasar. Teknik ini dilakukan melalui penyisihan pasir dan lumpur, yaitu dengan mengurangi beberapa zat organik yang ada di dalam air. Proses ini dilakukan tanpa adanya tambahan senyawa – senyawa kimia.

2. Pengolahan Kimia

Teknik pengolahan kimia dilakukan untuk membantu proses pengolahan selanjutnya, yaitu dengan memberikan cairan kimia yang kemudian digunakan untuk membantu proses penjernihan air secara kimiawi. Salah satu contoh cairan kimia yang digunakan pada proses ini adalah tawas, soda ash, polimer, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk dapat memaksimalkan pengolahan yang dilakukan pada pengolahan tingkat pertama.

3. Pengolahan Bakteriologis

Teknik terakhir adalah pengolahan bakteriologis yang bertujuan untuk memusnahkan atau membunuh berbagai macam bakteri, khususnya bakteri – bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit seperti bakteri E.Coli. Salah satu metode yang dilakukan pada proses ini adalah menambahkan zat desinfektan seperti kaporit.

Keunggulan – Keunggulan Perusahaan Water Treatment

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa air yang dihasilkan oleh perusahaan water treatment ini telah terpercaya kebersihan dan kelayakannya untuk dapat dikonsumsi. Hal tersebut terbukti dari teknologi – teknologi canggih dan teknik – teknik terpercaya yang digunakan. Tidak ada satupun kerikil – kerikil kecil dan juga zat – zat kimia dan bau – bau yang menyengat. Selain itu, air hasil dari perusahaan water treatment ini dapat digunakan untuk kebutuhan air untuk mengisi mesin industri sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Karena biasanya air yang digunakan untuk mengisi mesin industri memerlukan proses yang cukup rumit dan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *