Kiat Mudah Aqiqah Bandung yang Hemat

Kiat Mudah Aqiqah Bandung – Tentu anda sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya aqiqah? Yuph, aqiqah merupakan proses penyembelihan kambing yang merupakan wujud ibadah kepada Allah atas kelahiran bayi.  Ibadah aqiqah ini memang sangat dianjurkan dalam syariat Islam, hukumnya ialah sunnah muakkadah. Hadits yang menganjurkan untuk melakukan aqiqah ini juga shahih dan tentunya pelaksanaan aqiqah pun juga banyak hikmahnya.

Namun demikian, setelah melahirkan biasanya keluarga disibukkan dengan kehadiran buah hati serta ibunya. Terlebih jika itu merupakan anak pertama, tentu juga akan sedikit merepotkan. Atas dasar itulah, terkadang aqiqah anak itu tidak terpikirkan, hingga terlewat waktu yang telah disyariatkan. Selain itu, faktor ekonomi juga berpengaruh, apalagi di Bandung yang terkenal dengan biaya hidup yang cukup tinggi.

Atas dasar itulah, perlu persiapan dan ada beberap tips aqiqah Bandung hemat yang bisa anda ikuti. Apa saja kiat aqiqah Bandung tersebut? simak ulasannya berikut ini ya!

Tips Perencanaan Keuangan Aqiqah Bandung

Siapa sih yang tidak ingin sesuatu yang hemat dan murah? tentu saja semuanya ingin bukan? Ya, begitu juga dengan aqiqah, sebagian besar masalah yang ditemui orang tidak ber-aqiqah itu karena faktor ekonomi.

Mengingat bahwa aqiqah ini syariat yang dianjurkan, maka tidak ada salahnya jika benar-benar disiapkan dari jauh-jauh hari. Bagaimana cara merencanakannya?

Tips #1 – Rencanakan Keuangan Sebaik Mungkin

Aqiqah ini sebenarnya ibadah yang simpel, hanya saja karena kebiasaan atau adat istiadat membuatnya menjadi kompleks, dan berujung pada banyaknya budget yang dikeluarkan.

Rencana keuangan aqiqah bandung ini bisa dimulai sejak mengetahui jenis kelamin anak, apakah laki-laki atau perempuan. Bila laki-laki dianjurkan dua kambing sementara perempuan seekor kambing. Kemudian bisa direncakan kira-kira jenis makanan apa saja yang akan dibagikan serta berapa orang yang akan diberikan bagian.

Anda bisa mengira-ira besaran uang yang harus anda siapkan, sehingga anda pun bisa melakukan persiapan aqiqah, apakah itu dengan membuat tabungan aqiqah, mencicil bahan-bahan atau yang lainnya. Pastikan libatkan pasangan anda untuk membahas ini.

Tips #2 – Usahakan Tidak Berhutang

Aqiqah memang dianjurkan, namun dengan catatan bagi yang mampu. Lalu yang pada waktu yang telah ditetapkan tidak mampu bagaimana? Maka anjuran aqiqah pun juga gugur untuk orang tuanya. Oleh karena itu, sudah seharusnya melaksanakan sunnah Rasul ini tidak perlu berhutang.

Namun memang tidak dapat dipungkiri, fakta dilapangan tidak sedikit yang memaksakan untuk beraqiqah, sekalipun sebenarnya tidak berkecukupan. Hal itu entah karena gengsi ataupun tidak tahu, karena mengira bahwa hokum aqiqah itu wajib.

Dengan demikian, jangan beratkan diri dan keluarga anda dengan memaksakan ber-aqiqah karena memang benar-benar tidak mampu pada waktu itu.

Tips #3 – Susun Budget agar Lebih Hemat

Tips aqiqah Bandung selanjutnya ialah menyusun budget agar lebih efektif dan hemat. Apa saja sih yang harus disusun? Misalnya, mau beli kambingnya dimana? Berapa jumlah kambing yang akan dibeli? Jenis kelamin kambing mau laki-laki atau perempuan dan sebagainya.

Oh ya, termasuk juga apakah anda akan melaksanakan aqiqah Bandung sendiri atau mempercayakan kepada jasa aqiqah Bandung. Melaksanakan aqiqah sendiri juga belum tentu lebih hemat loh!

Nah, itu dia setidaknya 3 tips aqiqah Bandung hemat yang bisa anda pertimbangkan. Jika aqiqah direncakan dari jauh-jauh hari, in syaa Allah pada waktu tiba pelaksanaan aqiqah pun juga akan lancar dan ringan.

baca juga aqiqah cimahi murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *