Kerajinan Dari Pohon Kelapa Yang Mudah Untuk Dibuat

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Kali ini kita akan membahas apa saja Kerajinan Dari Pohon Kelapa. Untuk lebih lanjut dan jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Kelapa

Buah atau pohon kelapa memiliki banyak manfaat. Mulai dari batang pohon, daun dan buahnya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Bahkan batok kelapa pun bisa dijadikan kerajinan tangan yang menarik, memiliki nilai seni dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Kerajinan Dari Pohon Kelapa

Kerajinan Dari Batok Kelapa

Di Indonesia, pohon kelapa tumbuh subur di pesisir pantai. Tanaman yang banyak bermanfaat ini seringkali memberi banyak nutrisi bagi mereka yang ingin meningkatkan kreativitas untuk mengolahnya. Dari akar pohon hingga batok kelapa, semuanya bisa dijadikan objek menarik yang bernilai ekonomis dan artistik tinggi.

Mengenai kerajinan berbahan dasar kelapa, batok kelapa paling banyak digunakan. Batok kelapa ini bisa dijadikan benda serbaguna. Dari bola nasi hingga bros dan lampu meja. Tinggal mengasah kreativitas kita hanya untuk menghasilkan benda-benda yang tidak hanya menarik tetapi juga fungsional.

Nilai ekonomis sebuah kerajinan batok kelapa memang sangat tinggi. Selain itu, dibutuhkan seni tingkat tinggi jika ingin membuat kerajinan yang berkualitas. Sebelum kita mengolah batok kelapa menjadi berbagai macam kerajinan tangan, yuk simak manfaat apa saja yang ditawarkan batok kelapa ini.

1. Mangkuk Yang Bagus Dari Batok Kelapa

Jika Anda memasak makanan dengan santan, Anda pasti membutuhkan kelapa, bukan? Jadi jangan membuang batok kelapa karena bisa digunakan sebagai bahan kerajinan yang berguna. Lebih ekonomis dan lebih awet untuk digunakan. Salah satunya adalah mangkok cantik yang terbuat dari batok kelapa.

Kamu membutuhkan gergaji besi dan amplas halus. Sediakan juga minyak mineral dan kuas kecil. Untuk melakukan langkah-langkahnya kamu bisa memulai dengan memotong batok kelapa menjadi dua dengan gergaji. Namun pemotongan harus dengan perbandingan 60-40. Bagian 60 digunakan sebagai mangkuk sedangkan bagian 40 digunakan untuk kaki dasar mangkuk.

Ampelas bagian luar dan dalam mangkuk agar lebih bersih dan halus. Semprot dengan bahan food grade yang aman untuk makanan seperti minyak mineral. Sikat dengan kuas. Kemudian keringkan dan mangkok siap digunakan.

2. Lampu Hias

Dibutuhkan ketrampilan dan kemauan untuk menciptakan objek yang bernilai seni tinggi. Misalnya jika ingin mengubah batok kelapa menjadi lampu hias yang keren. Produk ini secara unik menggunakan seluruh bagian batok kelapa dan bahan ramah lingkungan lainnya.

Siapkan satu buah kelapa dan nampan kayu berukuran 12 x 12 cm. Siapkan juga kawat besi berukuran 30 cm dan tali anyaman yang terbuat dari batang pisang. Terakhir, siapkan kabel dan lampu malam kecil berwarna-warni.

Cara membuatnya, pertama kupas kelapanya lalu gunakan amplas untuk membersihkan batok kelapa hingga halus. Buat pola pensil pada permukaan mangkuk, kemudian gunakan gergaji besi untuk membuat lubang pada mangkuk. Ini akan menjadi dudukan lampu.

Masukkan kawat ke penyangga kayu yang telah disediakan sebelumnya. Kemudian pasang kabel dan lampu ke penyangga kayu. Bungkus dalam lilitan tali batang pisang sehingga terlihat seperti batang pohon. Letakkan batok kelapa di atas kawat seperti buah-buahan. Warnai lampu dengan pernis bening agar tampak berkilau.

3. Cangkir Minum

Batok kelapa bukan hanya sekedar mangkuk, tapi juga bisa menjadi gelas minum yang keren. Proses pembuatannya sedikit rumit karena cangkangnya keras, tetapi akan bagus setelah selesai.

Anda membutuhkan batok kelapa dan kayu kelapa atau kayu lain untuk pegangannya. Kemudian siapkan gergaji dan amplas, serta kuas. Siapkan juga lem kayu dan minyak mineral. Selanjutnya, potong sekitar 60 persen polong dari seluruh kulitnya. Lalu ampelas dan bersihkan bagian dalamnya. Aduk rata sampai semuanya halus.

Lanjutkan dengan membuat kaki cangkir dari sisa potongan cangkang. Rekatkan kaki dan cangkir. Jangan lupa rekatkan dengan gagang kayu kelapa. Biarkan mengering lalu gunakan minyak mineral untuk membuat cup cup lebih menarik. Mengoleskan minyak mineral bisa membuat minum lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia.

4. Asbak Rokok

Bagi orang-orang kreatif, batok kelapa bisa menjadi sejuta barang yang bermanfaat. Itu juga dapat menghasilkan dompet jika Anda pandai menggunakannya. Salah satu yang cukup mudah dibuat adalah asbak rokok.

Siapkan kelapa tua, gergaji besi, dan sekrup. Siapkan juga amplas, cat, dan bor kayu. Setelah itu, ambil batok kelapa dan haluskan hingga bersih dan halus. Potong cangkang menjadi dua dan ampelas bagian dalamnya.

Sebagian besar akan menampung abu, sebagian kecil akan menjadi kaki asbak. Dengan menggunakan bor, buat lubang di bawah cangkang dan kencangkan kaki dan asbak dengan baut. Warnai asbak secukupnya dan keringkan. Asbak batok kelapa siap pakai.

5. Celengan

Celengan artisanal biasanya terbuat dari tanah liat. Kali ini tidak ada salahnya membuat celengan dari batok kelapa.

Anda membutuhkan batok kelapa, amplas, cat, dan stiker. Caranya dimulai dengan membagi batok kelapa menjadi dua lalu amplas. Lanjutkan menempelkan kedua bagian tetapi sisakan sedikit celah untuk memasukkan uang. Cat hingga kering lalu tempelkan stiker sesuka Anda. Celengan yang menarik siap digunakan.

Selain itu, kerajinan bukan hanya berbahan dasar kelapa. Banyak jenis kerajinan lainnya, contohnya seperti kerajinan dari sedotan, kerajinan dari tali rafia, kerajinan dari barang bekas dan masih banyak yang lainnya. Salah satu kerajinan lain dari kelapa adalah tali sabut kelapa yang dibuat menggunakan mesin pemintal sabut kelapa.

Demikian pembahasan mengenai Kerajinan Dari Pohon Kelapa. Bisa dicoba dirumah untuk mengisi waktu senggang kamu. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *