Jenis dan pengertian water heater

Water heater Solahart adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air yang menggunakan energi sebagai sumber pemanas. pada awalnya untuk mendapatkan air panas biasanya kita memasak air atau memanfaatkan air panas langsung dari alam.

Pada tahun 1868 seorang pelukis asal London, Inggris, Benjamin Waddy Maughan menemukan water heater domestik instan pertama. Cara kerja alat ini sederhana air dingin ditempatkan dibagian atas wadah berupa tabung yang juga diisi jaringan kawat-kawat tipis sebagai pengantar panas, dimana bagian bawahnya diletakkan sebuah alat pemanas berbahan bakar gas.

Lalu air panas mengalir ke bak mandi tanpa ada perantara. Maughan menamai penemuannya ini “Geyser”, bahkan hingga kini di Inggris water heater masih sering disebut geyser.


Suatu saat seorang ahli tekhnik asal norwegia, Edwin Rudd memutuskan untuk berimigrasi ke Amerika, tepatnya ke Pittsburgh, Pennsylvania. Di kota itu ia menemukan blue print atau cetak biru water heater instan pertama buatan Maughan.

Penemuan ini menjadi inspirasi, lalu Rudd mengembangkan penemuan ini menjadi mesin water heater otomatis. Akhirnya ia berhasil membuat water heater otomotis pertama di sekitar tahun 1889, Mesin ini berupa wadah berbentuk tangki penyimpanan air yang suhu airnya bisa di atur secara mekanis dan didistribusikan melalui pipa penyaluran air.


Dewasa ini water heater sudah semakin berkembang, dan sudah banyak sekali sistem yang di pakai dan bahan baku yang semakin baik dari ke hari. Hal ini demi kepuasan konsumen yang mengharapkan water heater terbaik untuk mereka. Di bawah ini kami akan mengupas sedikit tipe – tipe water heater yang beredar di masyarakat saat ini.


1. Water Heater Listrik ( Electric Water Heater )Seperti namanya water heater ini menggunakan listrik sebagai energi utama untuk memanaskan air. Electric Water Heater terdiri dari 2 ( dua ) tipe yaitu:

  • Instan Electric Water Heater
  • Water Heater Listrik dengan Penampungan

Contoh gambar Water Heater Electric Instan Rheem

Contoh gambar Water Heater Electric sistem penampungan
2.  Solar Water Heater (Pemanas air tenaga surya)
Merupakan water heater yang menggunakan energy dari panas matahari. Sistem ini sangat ekonomis dan tanpa listrik ketika pemanasannya. Water Heater jenis ini  ramah lingkungan dikarenakan seluruh pemanasan airnya menggunakan energy panas matahari.

 Contoh gambar Solar Water Heater Rheem
3. Heatpump water heaterPrinsip kerja heat pump water heater pada dasarnya sama dengan prinsip kerja pada lemari es, hanya sistem kerjanya terbalik dimana udara dari luar (sekitar) diambil untuk memanaskan air. Terdapat 2 jenis Heatpump yaitu:

  •           Comercial Heatpump
  •      Domestic Heatpump

Contoh gambar Heatpump Commercial dari anak perusahaan Rheem

Contoh gambar Heatpump Domestic dari Rheem
4.  Gas Water HeaterMerupakan water heater yang memanfaatkan gas suntuk memanaskan air. Sistem ini merupakan salah sistem water heater generasi pertama yang diciptakan oleh Ruud.

Contoh gambar Gas Water Heater dari Rheem


Dalam memilih water heater perlu diperhatikan sesuai kebutuhan penggunaan. Pemilihan water heater yang tepat di area dan lokasi yang tepat juga mempengaruhi Lifetime unit Water Heater tersebut.

Rheem sebagai salah satu pelopor pemanas air di dunia sejak tahun 1920 menyediakan berbagai macam tipe water heater yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut. Kami siap membantu anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *