Inilah Alasan Kenapa Deposito di Bank Syariah Lebih Menguntungkan

Investasi adalah salah satu upaya dalam menyiapkan masa depan. Dalam hal ini, deposito juga termasuk bentuk investasi. Untuk melakukan deposito pun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, tak terkecuali sistem pembagian keuntungannya. Jika dilihat dari sistem bagi keuntungan, deposito tersedia dalam pilihan deposito konvensional dan syariah. Dari keduanya, deposito di bank syariah terbukti lebih menguntungkan. Untuk mengetahui alasan kenapa deposito syariah lebih menguntungkan, anda simak saja ulasan berikut.

Deposito di Bank Syariah

Salah satu keuntungan melakukan deposito syariah ialah halal. Hal ini dikarenakan deposito syariah memberlakukan sistem bagi hasil atau yang juga dikenal dengan istilah nisbah. Dimana pembagian hasilnya sesuai dengan rasio yang sudah disepakati oleh bank dan nasabah. Berbeda dengan deposito konvensional yang memberikan keuntungan sesuai dengan bunga yang diberlakukan. Seperti yang diketahui, hukum bunga bank ini adalah haram. Pasalnya, bunga bank termasuk riba. Diketahui keuntungan dalam bunga bank didapat dari cara-cara yang tak sesuai dengan hukum Islam.

Perlu untuk anda ketahui, deposito syariah juga diinvestasikan dalam berbagai perusahaan atau instrumen investasi yang telah memenuhi hukum syariah. Bisa dibilang bahwa deposito syariah memberikan jaminan halal terhadap berbagai investasi yang dilakukan oleh nasabah. Sejumlah dana nasabah akan disalurkan untuk usaha maupun kegiatan operasional lainnya sesuai dengan ketentuan syariah, termasuk pinjaman syariah. Hal tersebut jelas berbeda dengan deposito konvensional yang sedia memberikan pembiayaan kepada siapa saja tanpa memandang halal atau haram.

Beralih ke biaya penalti. Biaya penalti ialah biaya yang dikenakan bank pada nasabah jika melakukan pencairan deposito sebelum waktu temponya. Hal ini tidak berlaku dalam deposito syariah. Pada deposito syariah, anda sebagai nasabah yang melakukan penarikan dana sebelum jatuh tempo hanya akan dikenai biaya administrasi. Dimana besarnya nilai biaya administrasi sudah disepakati di awal. Hal inilah yang menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa deposito di bank syariah terasa lebih menguntungkan. Maka dari itu, pastikan anda mempertimbangkan segala hal terlebih dahulu untuk memiliki sistem deposito mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.k

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *