Cara Sharing Printer Untuk Windows 10, Windows 8, Windows 7

Agar printer bisa dishare dan juga bisa digunakan oleh komputer yang lain kamu harus melakukan beberapa pengaturan yang ada di bawah ini pada komputer atau PC yang sudah terkoneksi dengan printer.

Berikut Ini Adalah Cara Sharing Printer

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka menu Control Panel, caranya adalah dengan menekan tombol Windows + R lalu ketikkan control panel lalu OK atau tekan Enter.
  2. Jendela menu Control Panel akan terbuka dan untuk melakukan sharing printer kamu harus megaktifkan File and Printer Sharing terlebih dahulu dengan cara memilih Network and Internet pada menu Control Panel.
  3. Kemudian pilih Network and Sharing Center.
  4. Lalu pilih Change advanced sharing settings.
  5. Untuk melakukan sharing file atau pun printer, pilih Turn on network discovery dan Turn on file and printer sharing, dengan mengaktifkan fitur ini kamu dan pengguna lain akan bisa mengakses file atau printer yang sudah kamu sharing.
  6. Langkah berikutnya adalah langkah opsional yang bisa dilakukan atau tidak dilakukan. Apabila PC utama yang melakukan sharing printer dan PC ini diberi password login maka siapapun yang hendak mengakses printer yang sudah dishare juga akan diberi password login PC utama terlebih dulu. Sebaiknya fitur ini tidak digunakan saja dengan mengkil All Networks.
  7. Kemudian scroll sedikit ke  bawah lalu pilih Turn off password protected sharing, maka siapa saja yang mengakses printer dari PC utama tak perlu memasukkan password login lagi. Kemudian jangan lupa untuk klik Save Changes.
  8. Kemudian setelah kamu mengaktifkan file and printer sharing, maka kamu sudah bisa melakukan sharing printer. Buka lagi Control Panel kemudian pada kategori Hardware and Sound, pilih View Devices and Printers.
  9. Lanjutkan dengan klik kanan pada salah satu printer yang ingin disharing dan pilih properties.
  10. Kemudian pindah ke tab sharing lalu centang Share this printer selanjutnya beri nama pada printernya (boleh dilakukan atau pun tidak),  lalu klik OK.

Dengan begini printer yang sudah dishare kini bisa digunakan oleh komputer yang lainnya yang terlah terhubung di dalam satu jaringan yang sama.

Untuk mengakses printer yang sudah dishare pada komputer lain dapat menggunakan cara di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *