Cara Screenshot Laptop Se-Simple di Smartphone ?

Cara Screenshot Laptop Se-Simple di Smartphone ? – Screenshot (menangkap tampilan layar) di laptop atau komputer kadang bikin sedikit bingung karena ga sama caranya antara screenshot di satu model dan merek laptop dengan lainnya.

cara screenshot laptop

Meskipun memiliki sistem operasi yang sama – Windows, juga tidak menetapkan aturan default untuk mengambil screenshot pada laptop. Seperti pada Android dan iOS, yang biasanya cara screenshot rata-rata antara smartphone satu dengan lainnya.

Kebingungan tentang bagaimana cara mengambil screenshot ini adalah karena format keyboard pada setiap laptop berbeda. Dimulai dengan menggunakan tombol FN atau harus melalui kombinasi tombol khusus.

Untuk memberikan solusi atas masalah ini, artikel ini akan memberikan Anda sebuah tutorial langkah-langkah bagaimana mengambil screenshot pada laptop Anda.

Baca Juga: Cara Screenshot Laptop Asus

1. Screenshot Laptop Menggunakan Snipping Tool

Bentuk yang paling umum digunakan adalah dengan program Snipping tool. Meskipun program ini bukan alat screenshot yang simpel, tapi Anda bisa mengatur bagian gambar mana yang ingin Anda screen capture.

Bila menggunakan screenshot cara biasa, Anda harus klik atau gabungkan beberapa tombol, dan kemudian mengeditnya untuk fokus pada gambar tertentu pada layar, tapi menggunakan snipping tool Anda bisa langsung memilih bagian tertentu dari tampilan layar yang akan discreenshot.

Program ini biasanya sudah ada dalam sistem operasi Windows, terutama Windows 7, 8 dan 10. Jika Anda belum memiliki program ini, Anda mengunduhnya dari Microsoft Store untuk mendapatkannya. Program ini gratis dan mudah untuk menginstallnya.

Untuk mengakses program ini, ketik Snipping Tool di kolom pencarian Windows. Cara lain, masukkan dengan mengklik Start > All Program > Windows Accessories > Snipping tool.

Setelah Anda mengklik pada program snipping tool ini, Anda akan melihat bilah perintah muncul di layar. Untuk mulai membuat screenshot, biasanya klik dan seret kursor dan goyang gambar yang ingin Anda tangkap sebagai tangkapan layar. Setelah Anda lepas drag cursor, Anda akan segera melihat hasil dari screenshot dan tersimpan secara langsung ke folder yang Anda inginkan. Cara screenshot pada laptop ini cukup sederhana dan mungkin lebih terfokus pada mengambil foto tertentu.

2. Dengan Tombol Prtsc (Print Screen)

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan tombol PrtSc atau lebih dikenal dengan nama tombol Print Screen. Tombol ini secara otomatis menyimpan gambar dalam slot copy laptop Anda. Tidak sama halnya dengan screenshot pada smartphone, penggunaan tombol print screen ini harus dikombinasikan dengan program office atau grafis.

Setelah membuka program, klik kanan > paste atau menggunakan Ctrl + V Shortcut. Menekan tombol ini akan memunculkan gambar yang Anda buat di program tersebut. Gambar ini biasanya memiliki ukuran resolusi dengan pengaturan tampilan. Gambar juga semua di layar. Tapi untuk kursor, biasanya tidak secara otomatis terlihat pada gambar yang diambil.

Note:

Simbol print screen di beberapa laptop bisa berbeda. Ada yang PrtSC, ada yang Prtsc Sysrq dll.

3. Gunakan Windows Dan Prtsc Shortcut Keyboard

Di beberapa merek laptop dengan OS bawaannya Windows, Anda dapat mengambil screenshot sesederhana mengambil screenshot pada smartphone. Dengan cara ini, ia menggunakan kombinasi tombol Windows dengan PrtSc, yang mengambil seluruh gambar seperti dengan layar cetak sebelumnya, tetapi disimpan langsung sebagai file gambar. Gambar yang disimpan biasanya akan terlihat langsung di Folder Picture > Folder Screenshots.

Bagi banyak orang, menganggap cara ini lebih mudah karena file dapat dikirim langsung untuk tujuan email dan berbagi medsos. Anda tidak perlu repot membuka program dan paste lalu melakukan editing. File yang dihasilkan dari cara screenshot laptop dengan cara ini biasanya PNG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *