Australia Tertarik Dengan Start-up Indonesia

Mitra potensial Australia tertarik startup bisnis di Indonesia. Ketertarikan ini tersirat jelas dari komentar para pengusaha australia seperti Telstra dan Westpac Bank pada Consul General’s Roundtable Discusion on Promoting Start-up Business investment yang diselenggatakan dlm kerangka kerjasama KJRI Sydney, Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC) Sydney dan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Sydney (Tim Ekonomi KJRI Sydney) dengan Trade Investment Queensland (TIQ) dalam program Advance Queensland Initiative.

Enam perusahaan perintis asal Indonesia dipertemukan dengan petinggi-petinggi perusahaan asal Australia yang bergerak di bidang telekomunikasi, keuangan, serta pendidikan dan pelatihan. Pada kesempatan ini, Konjen RI Sydney, Yayan GH Mulyana menyampaikan peran penting perusahaan perintis sebagai bagian dari penyelesaian masalah-masalah di masyarakat. Konjen RI mencontohkan kisah sukses perusahaan perintis di Rwanda yang berhasil membangun negaranya dari keterpurukan.

Dalam konteks Indonesia, perusahaan perintis merupakan sumber terciptanya inovasi yang dapat membangun perekonomian Indonesia. Mendukung pesan Konsul Jenderal RI, Kepala IIPC Sydney, Sri Moertiningrum menyampaikan bahwa iklim investasi terhadap perusahaan perintis berbasis teknologi informasi di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Wakil Kepala ITPC Sydney, Dhonny Yudho Kusuma menegaskan bahwa pangsa pasar ekonomi digital di Indonesia sangat luas dan menjanjikan keuntungan yang sangat besar. TIQ dan setidaknya dua perusahaan Australia tersebut melalui perwakilannya di Jakarta berjanji akan menindaklanjuti hasil diskusi ini.

Pihak Australia juga melirik sektor industri game yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya jumlah peminat game dan developer game dari Indonesia banyak yang mampu menghasilkan permainan bagus, Australia menilai sektor ini sangat potensial dan harus di kembangkan. Salah satu game yang banyak peminat di Indonesia adalah poker online terpercaya 2019 dimana game tersebut merupakan sebuah permainan kartu klasik yang dikembangkan dalam bentuk digital.

Tidak disangka, setelah diubah menjadi permainan digital, game kartu tersebut disukai oleh banyak orang. Tidak hanya usia anak-anak saja, akan tetapi usia dewasa dan para orang tua juga menyukainya. Bahkan ada sampai yang lupa waktu saat bermain game kartu tersebut.