5 Masjid Bersejarah Di Indonesia Dengan Desain Yang Indah

Sebagai negara dengan penduduk menganut agama islam atau Muslim yang banyak, Indonesia mempunyai bermacam desain arsitektur design dan model masjid yang indah dengan perbedaannya. Sebagian dari mereka ialah masjid masjid yang memiliki sejarah panjang di balik itu, sedangkan masjid yang lain merupakan masjid yang dibentuk dengan desain konsep arsitektur modern.

Contoh berikut menampilkan 5 masjid bersejarah di Indonesia dengan berbagai arsitekturnya

Masjid Agung Banten

Masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibentuk oleh Sultan Maulana Hasanuddin, putra Sultan Gunung Jati yang 1552- 1570 tahun. Masjid ini mengadopsi khas bangunan arsitektur atap pagoda Tiongkok.

Masjid ini ialah karya arsitek Tiongkok diucap Tjek Ban Tjut asal. 2 beranda di sisi utara serta sisi selatan masjid ialah wilayah aksesoris masjid. Terdapat pula suatu paviliun bonus yang dirancang oleh Belanda style arsitektur dibangun oleh arsitek Belanda Hendrik ditunjuk Lucasz Cardeel. Fitur yang lain merupakan kedatangan suatu tower 24 meter yang pula dibentuk oleh Hendrik Lucasz Cardeel.

Masjid Raya Medan

Masjid Agung Medan dibuat pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Masjid ini ialah saksi sejarah kebesaran Kesultanan Melayu Deli. Atas permintaan Sultan Mamun Al Rasyid Perkasa Alam, masjid ini dibentuk istana kerajaan yang megah melebihi Istana Maimun yang tadinya lingkungan.

Arsitek Belanda Van Erp merupakan penggagas masjid, serta setelah itu ditransmisikan oleh hakim Tingdeman. JA Tingdeman desain masjid ini dengan pola simetris segi 8 mempunyai 4 beranda mempunyai kubah gelap.

Terdapat 3 beranda yang dilengkapi dengan pintu masuk utama serta tangga yang menghubungkan ruang utama di dekat masjid. Penutup utama kubah di tengah- tengah ruang utama masjid. Masjid ini dibentuk dengan mencampurkan desain Maroko, Eropa, Indonesia serta Timur Tengah. Sekarang masjid ini semaki modern dengan banyak perlengkapan seperti jam sholat digital masjid dan fasilitas lainnya.https://jamdigital.co.id/

Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh

Masjid ini berada di Banda Aceh yang mempunyai wujud yang indah yang populer di Idonesia dan dunia, terutama setelah kejadian tsunami tahun 2004. Masjid ini di buat pada tahun 1612 Masehi pada masa Sultan Iskandar Muda.

Saat Belanda menyerang Banda Aceh masjid ini di bakar dan dibangun kembali pada tahun 1875. Masjid dengan kubah kubah diperluas ke 3 pada tahun 1935, setelah itu jadi 5 kubah 1959- 1968 hingga saat ini mempunyai 7 kubah. Luas total masjid ini menggapai 4 hektar yang bisa menampung sampai 9. 000 jamaah.

Masjid Al Akbar Surabaya

Masjid Al Akbar merupakan masjid terbesar di Indonesia sesudah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini mempunyai luas 22. 300 m2 tercantum zona utama daerah masjid serta tempat dekat 520 m2. Masjid Al- Akbar mempunyai wujud ciri tower setinggi 99 meter serta satu kubah utama berupa oval serta 4 kubah berberntuk piramida biru.

Masjid Al- Akbar dibentuk pada tahun 1995 serta berakhir pada 2001. Pembangunan masjid ditangkap sebab sebagian alibi, paling utama sebab krisis moneter menyerang Indonesia. Masjid ini difungsikan buat menampung bermacam aktivitas umat Islam, tercantum penerapan shalat Idul Fitri, hari raya Idul Fitri.

Masjid Ampel, Surabaya

Masjid Ampel merupakan suatu masjid yang didatangi oleh umat Islam dari segala wilayah di Indonesia. Masjid wisatawan, tidak hanya melaksanakan ibadah di masjid ini, mereka pula sempat mendatangi makam Masjid Sunan Ampel di area. Masjid yang didirikan oleh Sunan Ampel.

Nah itulah beberapa masjid bersejarah di Indonesia semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *