Tips Sukses SBMPTN untuk Para Gap Year

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kata-kata itu yang ketika itu aku pegang. Gagal di SNMPTN dan SBMPTN, tidak membuatku patah semangat untuk bisa masuk ke PTN yang aku dambakan sejak di bangku kelas 10. Sedih pasti ada, bahkan aku sempat ingin melanjutkan kerja karena merasa ini bukan jalan yang tepat. Tapi ketika itu, aku ingat akan tulisan-tulisan yang menempel di dinding kamarku, bahwa apa pun yang terjadi, aku akan tetap berjuang. Aku tidak sendiri, teman-temanku yang seperjuangan denganku juga banyak. Mereka yang belum menemukan jurusan yang cocok, memilih untuk kerja terlebih dahulu, dan belum siap kuliah juga memutuskan untuk mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya.

Akhirnya aku memutuskan untuk kembali memulai dari awal, mempersiapkan diri, fisik dan mental, untuk ikut SBMPTN lagi. Dan keputusanku membawaku pada hasil yang membuat diriku bisa membuktikan bahwa gap year bukanlah alasan untuk tidak mau memulai lagi. Aku menulis ini agar bisa memotivasi teman-teman yang seperjuangan denganku dulu. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk kalian semua. Berikut tips sukses sbmptn untuk para gap year:

1. Niatkan dan Tumbuhkan Motivasi Dalam Diri

Tips sukses SBMPTN pertama untuk para gap year adalah menanamkan niat dan menumbuhkan motivasi dalam diri yang kuat. Ini adalah tips yang paling krusial, karena langkah ini yang akan membawamu menuju langkah-langkah selanjutnya. Carilah alasan untuk menjawab mengapa kamu harus ikut SBMPTN lagi? Mengapa kamu harus kuliah?

2. Rencanakan Target Seefektif Mungkin

Planning yang baik akan membawamu kepada hasil yang kemungkinan besar baik juga. Kamu harus mengukur kemampuanmu, dalam jangka waktu tertentu kamu sudah harus menguasai berapa mata pelajaran yang diujikan. Kamu juga harus lebih mampu menyesuaikan diri, jika kamu sulit belajar sendiri, tips sukses SBMPTN salah satunya menggunakan jasa bimbel terpercaya, dan aku memilih ruang guru. Mengapa ruang guru? Nanti akan aku jelaskan di akhir tulisan ini.

3. Carilah Teman yang Supportif

Teman bisa jadi penyemangat kamu. Apalagi jika kamu juga berteman dengan yang seperjuangan, itu jauh lebih bagus. Ketika itu aku sangat terbantu dengan salah satu teman yang juga memutuskan untuk ikut SBMPTN di tahun selanjutnya. Ketika aku lagi kehilangan semangat, temanku mencoba untuk menyemangatiku. Begitu juga sebaliknya.

4. Belajar

Ini wajib kamu lakukan. Sekarang banyak sekali media untuk belajar. Nah, aku akan menjelaskan mengapa aku memilih ruang guru. Pertama, karena ruang guru sifatnya online, jadi lebih praktis. Aku orangnya males kalau harus keluar untuk belajar. Kedua, materi yang dijelaskan dikemas dalam bentuk yang fun dan kreatif, rangkumannya pakai infografis dan banyak video pembelajaran yang disediakan. Ketiga, harganya yang relatif terjangkau dibanding bimbel konvensional. Jadi, Ruang Guru udah jadi bimbel online murah pilihanku, nih.

Itu dia beberapa tips yang bisa aku bagi. Semoga bisa menginspirasi teman-teman semua yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk SBMPTN. Oh iya, ngomong di ruang guru juga menyediakan paket khusus untuk persiapan SBMPTN, kamu bisa banget untuk mencobanya. Siapa tahu cocok, ya kan? Terakhir, semangat untuk kalian semua, yakinlah bahwa kamu bisa. Jangan lupa untuk berdoa dan memasrahkan semua hasilnya kepada Tuhan setelah melakukan usaha yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *