Tata Cara Sholat Bagi Orang Yang Sakit Dan Ketentuan

Tata Cara Sholat Bagi Orang Yang Sakit Dan Ketentuan – Sakit ialah suatu keadaan yang buruk yang dialami oleh makhluk hidup bisa dikarenakan banyak faktor. Seperti virus atau bakteri, cuaca, juga karena antibodi maupun daya tahan tubuh kita sedang menurun.

Sakit merupakan keadaan yang manusia yang dapat terjadi pada waktu yang tak terduga. Dan pada tempat yang tak kita sangka karena sakit, rejeki, jodoh dan mati kita hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya. Karena Allah Maha Mengetahui atau Allah sering disebut dengan nama Al Khabir.

tata cara sholat dalam keadaan sakit

Dengan maksud Allah SWT ialah Dzat yang mengetahui banyak hal secara rinci atas segala sesuatu yang ada di dunia ini bahkan seisi alam semesta ini. Jadi kita harus tetap menjaga tubuh kita agar tetap sehat wal’afiat agar dapat beraktivitas serta beribadah dengan semestinya.

Namun jika tiba-tiba kita sakit berarti Allah SWT sayang kepada kita karena kita diberi cobaan dengan kondisi badan yang sakit ini akankah kita tetap melaksanakan kewajiban kita terhadap-Nya? maka dari itulah tuntunansholat hadir dengan membawakan Cara Dan Ketentuan Shalat Bagi Orang Yang Sakit agar kalian tetap melakukan ibadah shalat dengan benar meski dalam keadaan sakit. Karena seorang muslim yang sedang sakit tetap berkewajiban mengerjakan shalat selama akal dan ingatannya masih dalam kondisi sadar.

Shalat Dalam Keadaan Sakit

sholat dalam keadaan sakit

Shalat Bagi Orang Yang Sakit dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dalam posisi duduk maupun posisi tidur bagi yang tubuhnya benar-benar tidak bisa duduk maka dianjurkan untuk mengikuti ketentuan Shalat Bagi Orang Yang Sakit. Masih banyak umat muslim yang bingung pelaksanaan Shalat Bagi Orang Yang Sakit. Padahal cara dan ketentuan Shalat Bagi Orang Yang Sakit sangatlah mudah jika kita mengetahuinya dengan baik. Oleh karena itu simak Shalat Bagi Orang Yang Sakit secara lengkap agar kalian tidak merasa bingung serta dapat memberitahukan kepada keluarga ataupun teman kalian informasi tentang Shalat Bagi Orang Yang Sakit ini.

Gerakan dalam Shalat Bagi Orang Yang Sakit tergolong mudah agar seorang muslim yang tengah sakit ini mendapatkan kemudahan untuk beribadah sehingga tetap dapat mencari ridho Allah SWT sembari berdoa agar diberikan kesembuhan. Dengan melaksanakan Shalat Bagi Orang Yang Sakit maka Insya Allah penyakit yang dideritapun akan segera dihilangkan oleh Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang terhadap umatnya yang selalu mengingatnya dalam keadaan sehat maupun sakit.

Berikut Cara Dan Ketentuan Shalat Bagi Orang Yang Sakit :

Pertama kita akan membahas Shalat Bagi Orang Yang Sakit. Posisi Duduk menghadap kiblat, sebelum mengerjakan shalat jika kita tidak dapat bangun untuk menyucikan diri atau berwudhu maka dapat diganti dengan bertayamum saja. Lalu seperti biasa kita memlafadzkan niat lalu takbiratul ihram. Lakukan gerakan shalat dan bacaan shalat seperti biasa, hanya saja pada saat kita akan rukuk, saat sakit ini kita hanya perlu membungkukkan sedikit badan kita serta ketika hendak sujud kita juga lakukan seperti shalat saat sedang sehat. Shalat Bagi Orang Yang Sakit dalam posisi duduk ini dapat kerjakan diatas kursi ataupun kasur.

Kedua Shalat Bagi Orang Yang Sakit Posisi Tidur, diawali dengan bertayamum kemudian tidur dengan posisi kaki membelah ke arah kiblat lalu kepala ditinggikan menggunakan alas bantal yang tebal dan muka kitapun menghadap kiblat. Niat, cara shalat serta bacaan shalat sama seperti shalat pada umumnya hanya saja ketika kita melakukan gerakan rukuk kita cukup melakukan gerakan kepala saja dan saat hendak sujud kita gerakan kepala lebih ditundukan ke arah kiblat.

Terakhir jika posisi duduk dan tidur pun kalian masih belum sanggup maka ketentuan Shalat Bagi Orang Yang Sakit parah dapat dikerjakan dengan cara tiduran hanya saat pada saat melakukan gerakan sholat seperti rukuk dan sujud dapat diganti menggunakan isyarat baik dengan menggunakan kepala jika tidak bisa maka cukup dengan isyarat mata saja lalu semua bacaan Shalat Bagi Orang Yang Sakit dibaca dalam hati dengan tulus serta ikhlas.

Penutup

Cukup sekian materi Shalat Bagi Orang Yang Sakit yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi Cara dan Ketentuan Shalat Bagi Orang Yang Sakit ini bermanfaat bagi pembaca sekalian baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Simak terus artikel dari tuntunansholat karena kami akan menghadirkan beragam informasi seputar kumpulan tuntunan sholat dan artikel Islam yang mampu membuka serta menambah pengetahuan Agama Islam. Apabila pembaca dirumah menjumpai kesalahan salam artikel yang sudah kami sajikan tadi tentang Shalat Bagi Orang Yang Sakit, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sumber: Kangsantri.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *