Masalah yang Sering Terjadi pada Jendela

1. Kusen jendela di rumah saya keropos. Apakah saya harus mengganti semua atau bisa sebagian saja? Saya bingung kl harus seluruhnya, karena dana yang saya miliki terbatas.

Anda harus mengecek dulu seluruh kusen jendela di rumah. Jika keroposnya diakibatkan oleh rayap, biasanya tidak semua elemen kusen rusak. Tetapi, jika keroposnya disebabkan karena kayu yang dipakai kayu muda sehingga area sekitar jendela selalu bubukan, idealnya harus diganti semua. Untuk kasus kusen yang keropos sebagian, Anda bisa melakukan tahapan berikut ini.

Anda tidak perlu melepas keseluruhan jendela dari dinding. Anda cukup memotongnya pada bagian yang keropos dan menggantinya dengan balok kayu baru dengan ukuran yang sama. Tetapi perlu diingat, kayu dipotong tidak harus persis pada bagian yang keropos. Anda harus melebihkan sekitar 4—5cm dari ukuran terluar kayu keroposnya. Untuk bagian ujung kayu yang dipotong sebaiknya dipotong miring, tidak tegak lurus.

Tujuannya, agar kayu lama dan baru bisa dipaku sehingga keduanya bisa saling mengikat erat. Agar sambungannya tidak terlihat, tambahkan dempul di antara celah kayu lama dan baru. Setelah dempulnya kering, lakukan pengampelasan kayu sehingga permuka an kayu baru dan lama terlihat rata. Setelah itu, Anda tinggal mengecat ulang kusen jendela Anda. Kusen jendela pun tampil baru.

2. Saya kaget ketika tidur terdengar suara bunyi pecahan kaca yang keras. Ternyata, jendela kayu di kamar saya melengkung hingga membuat kaca sampai retak. Apa solusinya?

Kayu pada dasarnya memiliki sifat muaisusut. Saat musim hujan, kayu biasanya memuai karena kandungan air dalam kayu meningkat. Sementara, pada musim panas, kayu akan menyusut. Muai-susut ini dikarenakan kayu masih muda. Walau kayu sudah dioven, bisa jadi kandungan airnya masih tinggi. Muai-susut kayu bisa menyebabkan daun jendela jadi seret sehingga jendela sulit dibuka-tutup.

Selain itu, muai susut dapat membuat daun jendela melengkung. Dalam kondisi di luar batas wajar, daun pintu yang terlalu melengkung dapat membuat kaca jendela pecah. Jika sudah terlanjur melengkung parah, sebaiknya daun jendelanya diganti dengan yang baru. Untuk mencegah agar tidak muai-susut lagi, catlah pada bagian bawah dan atas kayu yang baru agar pori-porinya tertutup, sehingga uap air tidak bisa masuk kedalam kayu.

Selain permasalah pada jendela, permasalahan listrik padam sering kali juga terjadi. apalagi jika padam dalam jangka waktu yang sangat lama. Untuk itu dibutuhkan sebuah instalasi genset silent di rumah. Harga genset silent murah di Jakarta bisa didapatkan dari distributor jual genset silent 1500 kva di Jakarta. salah satu distributor resmi genset silent di Jakarta adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan garansi dan harga bisa dinegosiasikan sampai deal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *