Inilah Bahaya Tungau yang Harus Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

Kasur yang lembab dan tak terawat seringkali menjadi sarang tungau. Tungau adalah hewan kecil berukuran mikroskopis yang memakan sel kulit mati kita yang terlepas dan menempel di permukaan kasur. Ada banyak bahaya tungau yang bisa anda dapatkan apabila tak segera menghilangkannya. Untuk mengetahui apa saja bahaya yang disebabkan oleh tungau, anda bisa simak ulasan berikut ini.

baca juga artikel tentang harga jasa pembersih tungau jakarta

Bahaya Tungau

Salah satu bahaya tungau kasur yang harus anda waspadai ialah menyebabkan sakit kulit. Dalam kondisi parah, tungai bisa menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal. Tanpa adanya penanganan, masalah tersebut bisa mengakibatkan kudis. Penderita kudis memiliki peluang besar dalam menularkan penyakitnya ke orang lain. Lebih parahnya lagi, kondisi tersebut bisa disertai dengan demam. Maka dari itu, anda harus rajin dalam membersihkan tungau yang bersarang di kasur yang lembab.

Selain sakit kulit, tungau juga bisa menyebabkan alergi. Bahaya alergi tungau bisa diperlihatkan dengan gejala berupa bersin-bersin, mata yang iritasi, batuk, pilek, tenggorokan terasa gatal, sesak napas dan menggigil. Untuk memastikan bahwa anda mengalami alergi yang disebabkan tungau, alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dengan ahli alergi supaya melakukan pengujian terhadap alergi yang anda rasakan. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat.

cek juga artikel tentang jasa hydroclean jakarta

Dampak yang disebabkan oleh tungau juga bisa dikarenakan gigitannya. Adapun bahaya gigitan tungau diantaranya yaitu menyebabkan kulit gatal-gatal, permasalahan pada pernafasan, hingga menurunkan kualitas hidup seseorang. Tak bisa dipungkiri bahwa masalah tungau menyebabkan perasaan tidak nyaman dan bahkan mengakibatkan stres. Hal tersebut mempengaruhi anda dalam mengatur emosi sehingga bisa berdampak pada penurunan tingkat kualitas hidup.

Cara Mengatasi Tungau

Setelah anda mengetahui apa saja bahaya tungau, pastikan anda juga ketahui bagaimana cara mengatasinya secara tepat. Adapun cara mengatasi tungau yang bisa anda praktekkan diantaranya yaitu mencuci perlengkapan rumah menggunakan air panas dan memanfaatkan bunga lavender, baik itu bunga lavender kering maupun minyak lavender. Perlu untuk anda ketahui, aroma lavender tidak disukai oleh tungau sehingga cara ini terbukti ampuh dalam mengusirnya. Tungau juga enggan untuk kembali lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *