Cara Instal Ulang Laptop dengan CD

Di halaman ini adalah tutorial untuk melakukan install ulang laptop untuk windows 7. Jika windows anda adalah versi 10, silahkan kunjungi di cara instal windows 10.

Cara yang kedua dalam menginstal ulang laptop adalah menggunakan CD. Cara ini realtif lebih sederhana ketimbang menggunakan flashdisk karena file OS telah berada di dalam CD sehingga kita bisa langsung menginstalnya tanpa perlu proses-proses transfer file ISO.

Langkah-langkah yang dilakukan hampir sama dengan cara instal ulang menggunakan flashdisk, namun ada perbedaan-perbedaan kecil.

1. Setting Boot pada BIOS

  • Tekan tombol power untuk menyalakan laptop (atau Restart) kemudian masuklah ke menu BIOS. Di tengah proses booting, tekan terus tombol F2. Pada beberapa merk laptop, tekan Esc, F1, dan F10.
  • Pilihan akan muncul, masuklah ke menu BIOS. Cari menu Boot Tab untuk mengatur booting pertama. Buat highlight boot berada di pilihan CD-Drive.
  • Simpan pengaturan BIOS dan keluar. Pilih exit untuk keluar dan pilih Exit Saving Changes, pilih lagi “Yes”.

2. Tekan Tombol Apa Saja

  • Laptop akan melakukan booting lagi lalu akan muncul tulisan “Press Any Key”. Pencetlah tombol apapun untuk melanjutkan.
  • Kemudian akan muncul installer OS yang sudah kita tentukan. Di sini kita mengunakan contoh akan menginstal Windows 7. Dalam installer tersebut, pilih pengaturan bahasa, pengaturan waktu dan mata uang dan keyboard or input method. Jika sudah, klik Next.

3. Proses Instalasi Windows 7

  • Mulai proses instalasi windows 7. Pilih Install Now.
  • Centang pernyataan “I accepted the license terms” sebagai persetujuan teleh menerima persyaratan lisensi, lalu pilih Next.
  • Anda akan dihadapkan dua pilihan yakni “upgrade” atau “advanced” pada jendela selanjutnya. Pilih “advanced” karena pemasangan ini dipakai bagi pengguna yang pertama kali menginstal Windows 7. Selain itu, pilihan advanced juga akan mengganti keseluruhan sistem lama menjadi baru.

4. Hapus Partisi Lama dan Buat yang Baru

  • Langkah selanjutnya adalah menghapus partisi lama. Jika ingin melakukan install ulang sekaligus ingin data-data pada partisi lain (selain C:) tidak hilang, cukup delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) dan Disk 0 Partition 1: System Reserved. Kedua partisi yang dihapus akan otomatis menjadi Unallocated Space.
  • Selanjutnya adalah membuat partisi baru. Lakukan juga proses mempartisi ruang harddisk. Pilih Drive options-> New. Tentukan ukuran drive atau partisi tersebut lalu klik “Apply”. Klik OK.
  • Silahkan pilih partisi sebagai lokasi instalasi Windows 7, pilih Next, dan proses instalasi Windows 7 telah berlangsung.

5. Tunggu Proses Instalasi Selesai

Tunggu proses instalasi hingga selesai. Proses ini kurang lebih bakal memakan waktu hingga 20 hingga 30 menit. Selama proses instalasi berlangsung, laptop akan restart atau reboot dengan sendirinya.

Saat laptop rebooting, jangan sentuh tombol apapun pada keyboard. Jika tersentuh maka akan mengulangi proses instalasi dari awal.

Dan proses instalasi telah selesai. Langkah selanjutnya pengguna perlu mengisi data-data pengguna, password, product key Windows 7, pengaturan waktu sesuai keinginan anda seperti di atas.

Jika anda adalah pengguna windows 10 dan ingin melakukan aktivasi, silahkan kunjungi cara aktivasi windows 10.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *